Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if (Pertemuan 16)



http://t.me/NAmanhaj

Pertemuan 16

KAJIAN MANHAJ

Dari kitab:
Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if
(Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah dalam Mengkritisi Orang, Kitab dan Golongan)

Penulis:
Asy-Syaikh Rabi' bin Hadi Umair Al-Madkhali حفظه الله تعالى

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

TAHDZIR NABI صلى الله عليه وسلم TERHADAP KHAWARIJ

Dalam hadits Abu Said Al-Khudri رضي الله عنه tentang Dzul Khuwaishirah (manusia yang menjadi cikal bakal aliran sesat Khawarij),

إنه يخرج من ضئضىء هذا قوم يتلون كتاب الله رطبا، لا يجاوز حناجرهم، يمرقون من الدين كما يمرق السهم من الرمية ؛ (قال: أظنه قال :) لئن أدركتهم لأقتلنهم قتل ثمود.

"Sesungguhnya akan keluar suatu kaum yang seperti ini (seperti Dzul Khuwaishirah, karakter, sifat-sifatnya, keras, merasa benar sendiri, menentang pemerintah, sehingga kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم dia berani mengatakan, "Ya Muhammad, berbuatlah yang adil karena engkau tidak adil!".  (Keterangan pen.), mereka rajin membaca Al-Qur'an akan tetapi tidak melampaui kerongkongan mereka, mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari buruannya, -(perawi berkata, "Aku mengira beliau bersabda: 'Seandainya aku menemui mereka, maka akan aku perangi mereka seperti diperanginya kaum Tsamud'." HR. Muslim (hadits no. 1066

Dan dari Abu Dzar رضي الله عنه berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

إن بعدي من أمتي (أو سيكون بعدي من أمتي) قوم يقرؤون القرآن لا يجاوز حلاقيمهم،  يرجعون من الدين كما يخرج السهم من الرمية،  ثم لا يعودون فيه، هم شر الخلق والخليقة.

"Sesungguhnya sepeninggalku ada sebagian dari umatku (atau: Akan ada sepeninggalku sebagian dari umatku) kaum di mana mereka membaca Al-Qur'an tetapi tidak melampaui tenggorokan mereka, mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari buruannya, kemudian tidak kembali lagi, mereka adalah sejelek-jelek makhluk." HR. Muslim (hadits no. 1067)

Dan di dalam hadits Ali رضي الله عنه ada keterangan tentang sifat-sifat mereka (Khawarij):

ليس قراءتكم إلى قراءتهم بشيء، ولا صلاتكم إلى صلاتهم بشيء، ولا صيامكم إلى صيامهم بشيء، يقرؤون القرآن،  يحسبون أنه لهم وهو عليهم،  لا تجاوز صلاتهم تراقيهم، يمرقون من الإسلام كما يمرق السهم من الرمية،  لو يعلم الجيش الذين يصيبونهم ما قيل لهم على لسان نبيهم صلى الله عليه وسلم،  لاتكلوا على العمل.

"Bacaan Al-Qur'an kalian (yakni para sahabat) tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan bacaan mereka, shalat kalian tidak ada apa-apanya dibandingkan shalat mereka, puasa kalian tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan puasa mereka. Mereka membaca Al-Qur'an, mereka mengira (ayat Al-Qur'an yang dibaca) membela mereka, padahal ia menuduh/mencela mereka, shalat mereka tidak melampaui tulang bahunya (pahala shalat mereka tidak terangkat ke langit, pen.). Mereka keluar dari Islam seperti anak panah keluar dari buruannya. Andaikata pasukan yang memerangi mereka mengetahui apa yang dikatakan oleh lisan Nabinya صلى الله عليه وسلم, (yakni tentang besarnya pahala memerangi kaum khawarij, pen.), maka mereka hanya mengandalkan amalan (memerangi Khawarij) itu saja." HR. Muslim (no. 1066).

Ya Allah! Kami berlindung kepada-Mu dari hawa nafsu dan kesesatan!

•••━════━•••

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Senin, 8 Jumadil Awwal 1440 H / 14 Januari 2019.
______

Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

Barakallahu fikunna

#NAManhaj #NAManhaj16
======================

Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if yang telah berlalu, silakan mengunjungi:
Channel Telegram
      ● http://t.me/NAmanhaj
      ● http://t.me/nisaaassunnah
Website
      ● http://www.nisaa-assunnah.com/p/namanhaj.html
      ● http://www.nisaa-assunnah.com

Nisaa` As-Sunnah
Lebih baru Lebih lama