Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if (Pertemuan 15)



http://t.me/NAmanhaj

Pertemuan 15

KAJIAN MANHAJ

Dari kitab:
Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if
(Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah dalam Mengkritisi Orang, Kitab dan Golongan)

Penulis:
Asy-Syaikh Rabi' bin Hadi Umair Al-Madkhali حفظه الله تعالى

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

TAHDZIR NABI صلى الله عليه وسلم DARI KELOMPOK KHAWARIJ

Dari Ali رضي الله عنه berkata,

إذا حدثتكم عن رسول الله صلى الله عليه وسلم فلأن أخر من السماء أحب الي من أن أقول عليه ما لم يقل، وإذا حدثتكم فيما بيني وبينكم، فإن الحرب خدعة.

"Apabila aku sampaikan kepada kalian (hadits) dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم,  maka jatuh dari langit lebih aku sukai daripada aku (berdusta), aku katakan dari beliau padahal beliau tidak mengatakannya, dan jika aku menyampaikan kepada kalian sesuatu antara aku dan kalian (yakni masalah peperangan), maka sesungguhnya perang itu (mengandung) tipu daya."

سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول:  سيخرج في آخر الزمان قوم أحداث الأسنان، سفهاء الأحلام، يقولون من خير قول البرية، يقرؤون القرآن لا يجاوز حناجرهم، يمرقون من الدين كما يمرق السهم من الرمية، فإذا لقيتموهم فاقتلوهم، فإن في قتلهم أجرا لمن قتلهم عند الله يوم القيامة.

Aku mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,  "Akan keluar di akhir zaman suatu kaum yang berusia muda (anak-anak muda),  bodoh, mereka berbicara hadits, membaca Al-Qur'an akan tetapi bacaannya tidak melewati kerongkongan mereka, mereka telah keluar dari agama seperti anak panah keluar dari buruannya, apabila kalian bertemu dengan mereka maka perangilah mereka, karena memerangi mereka berpahala, juga bagi orang yang mereka bunuh ada pahala di sisi Allah pada hari kiamat." HR. Muslim (no. 1066)

Dan dari Ubaidullah bin Rafi' maula (bekas budak) Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata,

أن الحرورية لما خرجت وهو مع علي بن أبي طالب رضي الله عنه،  قالوا :  لا حكم إلا لله.
قال علي :  كلمة حق أريد بها باطل....

Bahwa Haruriyyah (Khawarij) ketika keluar (dari ketaatan kepada Ali رضي الله عنه) dan akhirnya  memerangi Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه, mereka (Khawarij) berkata,  "Tidak ada hukum kecuali hukum Allah".  Maka Ali berkata, "Itu adalah kalimat yang haq (benar), tapi dimaukan oleh mereka dengan tujuan yang batil". Sesungguhnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah menyifati mereka dan aku sungguh mengetahui sifat-sifat tersebut ada pada mereka, yakni
- mereka berbicara al-haq dengan lisan-lisan mereka, tapi tidak melewati ini -sambil dia mengisyaratkan pada tenggorokannya-,
- mereka termasuk makhluk yang paling dibenci oleh Allah.
- Di antara mereka (Khawarij yang memerangi Ali رضي الله عنه) ada yang  hitam, di salah satu tangannya ada tanda daging tumbuh seperti puting susu kambing.

Ketika Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه memerangi mereka dan membunuh mereka, Ali berkata kepada pasukannya, "Cari dia! Cari dia!". Mereka tidak menemukannya, maka Ali رضي الله عنه kembali memerintahkan, "Cari lagi! Demi Allah aku tidak berdusta dan aku tidak didustakan!". Dia ulang-ulang kalimat itu dua atau tiga kali. Lalu mereka menemukan mayat orang tersebut di ujung lembah, dan membawanya kemudian meletakkan di hadapan Ali رضي الله عنه,  maka tampak kesenangan di wajah Ali karena dia yakin berada di pihak yang benar, sedangkan kelompok yang diperangi adalah benar-benar khawarij yang sesat seperti yang disifati oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم bahwa di antara mereka ada orang yang tanda-tandanya seperti yang dikabarkan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

•••━════━•••

Diterjemahkan oleh Al-Ustadzah Ummu Abdillah bintu Ali Bahmid hafizhahallah pada Senin, 1 Jumadil Awwal 1440 H / 7 Januari 2019.
______

Akhawati fillah, jika ada yang tidak dipahami, silakan dicatat untuk ditanyakan melalui admin grup masing-masing.

Barakallahu fikunna

#NAManhaj #NAManhaj15
======================

Bagi yang ingin mendapatkan faedah dari dars Kitab Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if yang telah berlalu, silakan mengunjungi:
Channel Telegram
      ● http://t.me/NAmanhaj
      ● http://t.me/nisaaassunnah
Website
      ● http://www.nisaa-assunnah.com/p/namanhaj.html
      ● http://www.nisaa-assunnah.com

Nisaa` As-Sunnah
Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if (Pertemuan 15) Manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah fi Naqdir Rijal wal Kutubi wath Thawa'if (Pertemuan 15) Reviewed by Nisaa` As-Sunnah 4 on August 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Events

ads
Powered by Blogger.